COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
Vol 3, No 1 (2020)

PENGGUNAAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA DI KELAS III SD NEGERI 2 CISANDAWUT

Maharani, Ambar Maharani (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Mar 2020

Abstract

Penelitian ini berjudul Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis di kelas III. Berdasarkan pada pengalaman mengajar dimana masih rendahnya daya serap peserta didik dalam memahami suatu, penulis merasa perlu adanya upaya untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian yaitu Nonrandomized pretest-postest kontrol group design, dengan populasi penelitian adalah 60 siswa SD Negeri Saapan Kecamatan Sindangkerta tahun ajaran 2019/2020, sampel penelitian ini adalah kelas III SDN 2 Cisandawut dengan 30 siswa kelas IIIA sebagai kelas eksperimen dan 30 B sebagai kelas kontrol. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan matematis siswa kelas III SD Negeri 2 Cisandawut Bandung Barat yang pembelajarannya menggunakan metode Problem Based Learning lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran biasa (Contextual Teaching and Learning). Instrument pengumpulan data adalah test kemampuan pemahaman siswa dan lembar observasi, data di analisis dengan metode statistik parametrik dan non parametrik test. Kemudian data disajikan dalam bentuk kuantitatif deskriptip, dari hasil analisis data diperoleh perbedaan rata-rata N-Gain skor data tes kemampuan pemahaman antara kelas Eksperimen dan kelas kontrol, diketahui bahwa skor N-Gain kelas Eksperimen sebesar ,047 yang tergolong kategori sedang sedangkan kelas kontrol sebesar 0,47 dan masih tergolong kategori rendah . Kendati dengan ketegori yang sama namun bila dilihat dari hasil uji statistik data pretes dan postest didapat selisih mean kelas eksperimen adalah 31,92 sedangkan kenaikan pada kelas kontrol adalah 28,88. Hal tersebut menunjukan bahwa pembelajaran melalui Problem Based Learning memberi pengaruh lebih besar daripada dengan Pembelajaran Konvensional.Kata Kunci: Pemahaman Matematis , Problem Based Learning, Sekolah Dasar.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

collase

Publisher

Subject

Education

Description

Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on ...