Penelitian ini bertujuan meningkatkan pengetahuan guru dalam mengimplementasikan  materi perlindungan anak dalam pembelajaran sebagai upaya pencegahan kekerasan terhadap anak.. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Studi pendahuluan menunjukkan pengetahuan guru PAUD Lorong dan PAUD Masjid di Kota Makassar agar anak mendapatkan perlindungan dan tercegah dari tindakan kekerasan masih minim disebabkan belum ada acuan yang dapat dipedomani oleh guru. Peningkatan pengetahuan guru dilaksanakan melalui pelatihan dengan menggunakan modul perlindungan anak yang telah divalidasi oleh tujuh pakar yang menunjukkan modul berada dalam kategori baik. Responden yang berpartisipasi dalam penelitian ini adalah guru dari 14 PAUD Lorong dan 28 PAUD Masjid di Kota Makassar. Studi ini menyimpulkan modul perlindungan anak yang dihasilkan dapat diterapkan pada anak dan dapat meningkatkan pengetahuan tentang pencegahan kekerasan terhadap anak, bagi guru    PAUD Lorong dan PAUD Masjid di Kota Makassar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019