Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES)
Vol 2 No 02 (2020): Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES)

Meningkatkan Hasil Belajar Tolak Peluru Gaya Menyamping Menggunakan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD)

Taufik Hidayat (MTS Al - Munawwaroh Merauke)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2020

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran tolak peluru gaya menyamping melalui penerapan metode kooperatif tipe STAD. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdapat dua pertemuan. Pelaksanaan penelitian dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran PJOK ini meliputi: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, dan (4) Refleksi. Dengan subyek siswa kelas VII A Mts Al Munawwarh Merauke yang berjulah 21 siswa, yang terdiri dari 8 siswa putra dan 13 siswa putri. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar tolak peluru gaya menyamping dengan metode kooperatif tipe STAD berdampak positif hal ini terlihat pada hasil ketuntasan belajar siswa pada tiap siklus mengalami peningkatan, yaitu pada siklus I rata-rata ketuntasan belajar yaitu sebesar 56 dengan ketuntasan 43% yang berada pada kategori cukup baik, sedangkan pada siklus II rata-rata ketuntasan belajar yaitu sebesar 74 dengan ketuntasan 90% yang berada pada kategori baik. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD dapat digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PJOK.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

physical

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

The aims of Musamus Journal of Physical Education and Sport (JPES) is to provide a venue for academicians, researcher, and practitioners of publisihing the original research articles or review ...