Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 1 No. 1 (2018): Volume 1 Nomor 1 Desember 2018

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII SMPS PEMBDA 2 GUNUNGSITOLI

Ratna Natalia Mendrofa (IKIP Gunungsitoli)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2018

Abstract

Keterlibatan siswa dalam menemukan dan memaknai materi yang dipelajari kurang terlihat. Hal ini berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigasi terhadap kemampuan masalah matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Swasta Pembda 2 Gunungsitoli yang terdiri dari lima kelas. Kelas yang dipilih sebagai sampel penelitian yaitu kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-3 sebagai kelas kontrol. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar berupa soal tes kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik inferensial. Dari analisis data hasil belajar siswa pada pretest diperoleh bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan nilai rata-rata keseluruhan tiga soal indikator pemahaman konsep pada saat posttest diperoleh kelas eksperimen mendapat 79,17, sedangkan pada kelas kontrol 65,19. Rata-rata keseluruhaan dari tiga soal indikator pemecahan masalah pada saat dilakukan posttest diperoleh kelas eksperimen mendapat 73,70, sedangkan pada kelas kontrol 58,58. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berpengaruh positif terhadap motivasi dan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...