Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) hasil belajar berbicara siswa kelas V SD Negeri 23 Batara sebelum penerapan metode rule learning, (2) hasil belajar berbicara siswa kelas V SD Negeri 23 Batara setelah penerapan metode rule learning, (3) peningkatan hasil belajar berbicara siswa kelas V SD Negeri 23 Batara setelah penerapan metode rule learning. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen. Satuan eksperimen dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 23 Batara Kota Palopo. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pemberian tes yang terdiri dari dua yaitu pretest dan posttest. Hasil yang diperoleh adalah (1) hasil belajar berbicara siswa kelas V SD Negeri 23 Batara sebelum penerapan metode rule learning berada pada kategori sedang, (2) hasil belajar berbicara siswa kelas V SD Negeri 23 Batara setelah penerapan metode rule learning berada pada kategori tinggi, (3) peningkatan hasil belajar berbicara siswa kelas V SD Negeri 23 Batara setelah penerapan metode rule learning berada pada kategori sedang.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018