Implementasi strategi line extension KABOKI didasarkan atas ekuitas merek, positioning, dan atribut positif yang sudah terbangun kuat. Melalui hubungan variabel marketing mix terhadap line extension, dapat dilakukan analisa SWOT untuk di implementasikan strategi line extension. Implementasi startegi berdampak dalam memperkuat merek serta memperluas segmen baru melalui melalui produk yang diciptakannya yaitu produk yang memiliki variasi warna dan dimensi sesuai persepsi konsumen. Hubungan variabel marketing mix terhadap line extension dalam pengujian asumsi klasik regresi linier berganda diketahui bahwa variabel produk, harga, dan tempat secara parsial memiliki pengaruh signifikan, sedangkan promosi tidak memiliki pengaruh signifikan. Hasil temuan menunjukkan promosi tidak berpengaruh signifikan dikarenakan, line extension secara simultan menjadi bagian dari promosi melalui keragaman produk yang diciptakannya. Analisa SWOT menunjukkan bahwa faktor kekuatan meliputi; kemudahan cara pembayaran, tempat parkir yang luas dan aman, desain, dan citra unik tas rajut memiliki pengaruh 44.6 %. Faktor kelemahan meliputi: potonganharga, tingkatan level harga, keseragaman harga, varian produk dan kualtas berjenjang memiliki pengaruh 55,4 %. Faktor peluang meliputi; outlet atau toko resmi mudah dicari dan dikenali memiliki pengaruh 68.4 %. Faktor ancaman pada kondisi lalu-lintas memiliki pengaruh 31.6 %. Hasil pengaruh pada variabel SWOT ditunjukkan dalam matriks internal-eksternal (IE) pada posisi koordinat sel-1, kategori kuat dan tinggi dengan strategi berbasis pertumbuhan. Dalam analisa demografis responden pada instrumen penelitian diketahui tiga kategori segmen konsumen KABOKI yaitu; berdasarkan jenis kelamin, usia, dan profesi. Rumusan strategi line extension yang dikembangkan adalah strategi yang berfokus kenyamanan berbelanja dengan penguatan brand berbasis produk yang dikemas dengan kelompok varian, tingkatan kualitas, level harga, dan paket potongan, serta bergerak secara simultan memasuki peluang perluasan pilihan dan inovasi dengan sasaran segmen konsumen baru yang berkarakter jenis kelamin, usia, dan profesi.
Copyrights © 2016