Asatiza: Jurnal Pendidikan
Vol. 1 No. 1 (2020): Asatiza: Jurnal Pendidikan

Pengaruh Interaksi Edukatif Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Tembilahan

Puspita Dwi Handayani (STAI Auliaurrasyidin Tembilahan)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2020

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah ada pengaruh interaksi edukatif guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 2 Tembilahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu 25 orang siswa kelas XI jurusan TKJ di SMKN 2 Tembilahan. Sampel dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling menggunakan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisa data rumus regresi sederhana. Berdasarkan hasil penelitian yang telah penulis lakukan di SMKN 2 Tembilahan dapat disimpulkan bahwa interaksi edukatif guru di SMKN 2 Tembilahan berada pada kategori sedang yakni 62% sedangkan motivasi belajar siswa berada pada kategori sedang yakni 52%, selain itu terdapat pengaruh yang signifikan antara interaksi edukatif guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 2 Tembilahan berdasarkan hipotesis Ha terima dan H0 ditolak dengan ketentuan hipotesis Fhitung 60,9>Ftabel 4,28.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

asatiza

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal ini memuat tulisan hasil penelitian dan pemikiran tentang berbagai kajian dan implementasi teori di bidang Pendidikan. Jurnal ini bertujuan untuk mengkomunikasikan berbagai kajian Pendidikan seperti: hasil penelitian tentang Deradikalisasi Pendidikan Islam, Filsafat Pendidikan Islam, ...