Tujuan dalam penelitian ini mencari pengaruh motivasi guru terhadap aktivitas belajar siswa kelas tinggi di Madrasah Ibtidaiyah Pondok Pesantren Al-Rasyid Simpang Jaya Kecamatan Batang Tuaka. Populasi dalam penelitian ini adalah 4 orang guru dan 132 orang siswa di Madrasah Ibtidaiyah Pondok Pesantren Al-Rasyid Simpang Jaya Kecamatan Batang Tuaka. Sampel untuk guru tidak ada, dan sampel untuk siswa adalah 20%, yaitu sebanyak 21 orang siswa yang diambil secara acak pada tiap kelasnya. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisa dengan menggunakan rumus uji t. Berdasarkan analisa data melalui observasi pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa motivasi guru di Madrasah Ibtidaiyah Pondok Pesantren Al-Rasyid Simpang Jaya Kecamatan Batang Tuaka, mencapai angka 55,95% dan dikategorikan cukup baik. Karena angka 55,95% terletak pada interval 41% - 60%. aktivitas belajar siswa kelas tinggi di Madrasah Ibtidaiyah Pondok Pesantren Al-Rasyid Simpang Jaya Kecamatan Batang Tuaka, mencapai angka 49,64% dan dikategorikan cukup baik. Karena angka 49,64% terletak pada interval 41% - 60%. Tidak terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi guru terhadap aktivitas belajar siswa kelas tinggi di Madrasah Ibtidaiyah Pondok Pesantren Al-Rasyid Simpang Jaya Kecamatan Batang Tuaka, yang ditunjukkan dengan angka -0,12 dan diinterpretasikan sangat rendah. Karena berdasarkan tabel t, nilai untuk 23 adalah 1,714. Sehingga ≤ , artinya ≤ = -0,12 ≤ 1,714, maka diterima, angka -0,12 terletak pada daerah penolakan, maka ditolak dan diterima.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020