LINIMASA: JURNAL ILMU KOMUNIKASI
Vol. 3 No. 1 (2020): Januari 2020

Strategi Komunikasi Pemasaran Disporaparbud Kabupaten Purwakarta Melalui Media Aplikasi Sampurasun Dalam Mempromosikan Pariwisata

Gita Tri Lestari, Dini Salmiyah Fitrah Ali (Universitas Telkom)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2020

Abstract

Pada era globalisasi saat ini, sektor pariwisata menjadi salah satu industri yang sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan perekonomian di suatu daerah ataupun negara. Meningkatnya objek wisata dan kunjungan wisatawan yang terjadi di Kabupaten Purwakarta beriringan dengan perkembangan jaman dari konvensional menuju era digital. Pemasaran digital dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Purwakarta untuk menampung data terkait banyaknya destinasi wisata yang semakin meningkat dan mempromosikan pariwisata yang ada di Kabupaten Purwakarta yaitu dengan dibuatnya aplikasi tour guide berbasis Android mobile yang diberi nama Sampurasun Pariwisata Purwakarta dengan tujuan untuk memberikan kemudahan bagi para wisatawan. Aplikasi Sampurasun Purwakarta meraih penghargaan sebagai tiga besar juara nasional di Indonesia pada ajang Anugerah Pesona Indonesia Awards (API) 2018 dengan kategori promosi pariwisata digital terpopuler. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran Disporaparbud Kabupaten Purwakarta berdasarkan strategi pesan dan media yang digunakan sehingga mendapat “Promosi Pariwisata Digital Terpopuler 2018”. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif berupa deskriptif. Hasil penelitian ini diketahui bahwa Disporaparbud Kabupaten Purwakarta menggunakan strategi pesan dan media serta bauran promosi, seperti Advertising, Publisitas, Internet Marketing, dan Event.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

linimasa

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences

Description

LINIMASA merupakan jurnal yang diiniasi oleh Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Pasundan. Terbit dua kali dalam setahun, pada bulan Januari dan bulan Juli. Gagasan jurnal LINIMASA hadir atas fenomena perkembangan ilmu komunikasi yang begitu pesat dan dinamis mengikuti perkembangan ...