Abstrak. Pada kurikulum 13 khusus untuk siswa SMA kelas X salah satu materi yang diajarkan adalah menulis karangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan modul yang dapat digunakan dalam pembelajaran menulis karangan berbasis strategi Think-Talk-Write(TTW) dan perbedaan keefektifan pembelajaran menulis karangan menggunakan modul menulis karangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan RD.Berdasarkan hasil analisis kebutuhan siswa dan guru dapat disimpulkan bahwa siswa membutuhkan bahan ajar khusus dalam pembelajaran menulis karangan. Oleh karena itu, strategi TTW dipilih sebagai strategi yang digunakan untuk mengembangkan bahan ajar.Hasil uji keefektifan dihasilkan skor t sebesar 28,273 dan 27,288. Hal tersebut membuktikan adanya keefektifan dalam penggunaan modul berbasis strategi TTW.Kata Kunci: Modul, Strategi TTW, Modul MenulisAbstract. The curriculum 13 for high school students in class X of the material taught is writing essays. The study aims to determine the development of moduls that can be used in writing essay learning based on think-talk-write strategies and the differences in the effectiveness of learning writing essays using the module. The research use the RD approach. Based on the results of the analysis of the needs students and teachers it can be concluded the students need special teaching materials in learning to write essays. Therefore the TTW strategy was chosen as a strategy used to develop teaching materials. The result of the effectiveness test a t score of 28, 273 and 27, 288. This proves the existence of effectiveness in using TTW astrategy based moduls.Keywords: Modul, TTW, Writing
Copyrights © 2019