Jurnal Akademi Pariwisata Medan
Vol 8 No 1 (2020): Jurnal Akademi Pariwisata Medan

PENGARUH KUALITAS FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN UNTUK BERKUNJUNG KEMBALI DI KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN (STUDI DI BEBERAPA HOTEL BERBINTANG DI KECAMATAN BAKTI RAJA)

Erianto, Edy (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Feb 2020

Abstract

  Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang terjadi yaitu tamu kerap kali komplen karena merasa tidak puas dengan kualitas fasilitas maupun pelayanan yang diberikan oleh pihak hotel. Dengan masalah yang ada maka penelitian dilakukan untuk menganalisis terjadinya kesalahan tersebut dengan melihat dari pengaruh kualitas fasilitas terhadap kepuasan pelanggan. Dalam penelitian ini digunakan penelitian kuantitatif yang tergolong ke dalam penelitian deskriptif. Data penelitian dikumpulkan dari 34 orang responden, jawaban responden tersebut kemudian diolah dengan menggunakan program Statical Product and service solutions (SPSS), dengan melakukan uji validitas, uji realibilitas, uji statistic deskriptif, uji hipotesis, uji parsial, dan determinasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas fasilitas memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kualitas fasilitas mempengaruhi kepuasan pelanggan sebanyak 58,3 %. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan kepada pihak yang bersangkutan agar dapat meningkatkan kualitas fasilitas yang dimiliki.        

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jiapm

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal ini memuat berbagai tulisan yang berhubungan dengan potensi kepariwisataan di Sumatera Utara dengan segala aktifitasnya menyangkut pengembangan dan prospek kedepan kepariwisataan serta seni dan budaya yang perlu dilestarikan ditengah – tengah kehidupan masyarakat. Artikel yang dimuat berupa ...