Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 2, No 1 (2020): JANUARI

Eskalasi Keterampilan Menulis Siswa Menggunakan Media Gambar Seri dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Write

Tri Pardiansyah (SDN 01 Pagar Jati Bengkulu Tengah)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2020

Abstract

Eskalasi sebagai pendekatan dalam meningkatan keterampilan seseorang, khususnya dalam penguasaan berbahasa dalam bentuk tulisan, merupakan hal baru yang perlu diperhatikan. Penelitian ini memanfaatkan media gambar seri dan model  pembelajaran  kooperatif tipe think pair write yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas keterampilan seseorang khususnya dalam menulis.  Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan prosedur pelaksanaan penelitian tindakan kelas dalam bentuk siklus dan setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu tahap perencanaan (planning), tahap pelaksanaan (acting), tahap pengamatan (observing), dan tahap refleksi (reflecting) yang dilakukan. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan lembar observasi dan lembar tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media gambar seri dengan model pembelajaran Think Pair Write dapat mengeskalasikan keterampilan menulis siswa khususnya pada keterampilan menulis sebuah karangan. Di mana pada pelaksanaan siklus I, siklus II dan II terjadi eskalasi keterampilan menulis dengan kategori sangat baik

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

disastra

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia mempublikasikan kajian teori ataupun penelitian tentang sastra Indonesia, linguistik, pengajaran dan pembelajaran dalam bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, literasi, serta pengajaran BIPA. ...