Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 2, No 1 (2020): JANUARI

Penerapan Model Group Investigation (GI) dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Kelas VIII SMP PGRI Pagar Alam Tahun Pelajaran 2018/2019

Rani Agustina (STKIP Muhammadiyah Pagar Alam)
Henny Nopriani (STKIP Muhammadiyah Pagar Alam)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2020

Abstract

Menulis teks eksposisi menduduki peraanan penting dalam pembelajaran menulis. Hal ini disebabkan menulis eksposisi adalah suatu proses untuk menjelaskan atau memberikan pengertian dengan gaya penulisan yang singkat, padat, dan akurat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil penerapan model group investigation (GI) dalam pembelajaran menulis teks eksposisi kelas VIII SMP PGRI Pagar Alam Tahun 2018/019. Populasi berjumlah 230 orang. Sampel penelitian ini diambil secara bertujuan hanya 1 kelas yaitu kelas VII.4 yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes unjuk kerja menulis teks eksposisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model group investigatio (GI) dalam menulis teks eksposisi kelas VIII4 SMP PGRI Pagar Alam dapat diperoleh nilai rata-rata 85.5.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

disastra

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia mempublikasikan kajian teori ataupun penelitian tentang sastra Indonesia, linguistik, pengajaran dan pembelajaran dalam bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, literasi, serta pengajaran BIPA. ...