Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kepedulian sekelompok masyarakat memberikan bimbingan belajar secara gratis kepada anak-anak SD dari keluarga kurang mampu. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peningkatan belajar anak oleh KBSI melalui materi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data pada penelitian ini terdiri dari subyek penelitian dan informan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini, yaitu reduksi data, display data dan verifikasi. Teknik keabsahan data yang digunakan pada penelitian ini berupa memperpanjang keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahawa materi yang diajarkan di KBSI adalah Matematika, Bahasa Inggris, Budaya Alam Minang Kabau (BAM), Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dan Bahasa Indonesia. metode yang digunakan oleh KBSI, yaitu metode ceramah, praktek, diskusi, dan tanya jawab. Media yang digunakan pada pembelajaran di KBSI adalah media papan tulis, infokus, dan media untuk praktek. Evaluasi pada pembelajaran di KBSI yaitu melalui pengamatan kepada peserta didik untuk melihat kemampuan daya tanggapnya ketika proses belajar.
Copyrights © 2020