Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuikeefektifan pembelajaran jigsawdengan metode pembelajaran talking stickdan pembelajaran jigsawdengan metode pembelajaran time tokenditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa SMP. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII MTs Al-Uswah Bergas Tahun Ajaran 2019/2020yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampeldiambil dua kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Satu kelas sebagai kelas ujicoba. Penelitian ini menggunakan desain posttest-only control design. Variabel penelitian yaitu keaktifan sebagai variabel bebas dan kemampuan kemampuan komunikasi matematis siswa sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data dengan metode tes, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran jigsawdengan metode pembelajaran talking stickdan time token efektif, yang ditunjukkan dengan tercapainya tiga indikator kefektifan yaitu tercapainya ketuntasan belajar pada kelas eksperimen 1 sebesar 84,38% dan pada kelas eksperimen 2 sebesar 81,25%. Adanya pengaruh positif antara keaktifan dengan kemampuan komunikasi matematis siswa pada kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2 masing-masing sebesar 15,29% dan 26,21% serta nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol ditunjukkan dengan rata-ratanya yaitu rata-rata kelas eksperimen 1 sebesar 79,88; kelas eksperimen 2 sebesar 77,59 dan rata-rata kelas kontrol sebesar 68,31.
Copyrights © 2020