Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 2, No 2 (2020): Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Pengembangan LKS Kontekstual Pembelajaran Kooperatif Tipe Peer Tutoring untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP

Sari, Galuh Veranika Ferdiana (Unknown)
Ariyanto, Lilik (Unknown)
Dwijayanti, Ida (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) konstekstual dalam pembelajaran kooperatif tipe peer tutoring yang valid dan mengetahui efektivitas penggunaannya terhadap kemampuan literasi matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Developmentdengan model 3-D. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 42 Semarang. Hasil dari validasi ahli materi dan ahli media berkriteria sangat baik, sedangkan tanggapan siswa berkriteria baik.Ketuntasan belajar klasikal dari hasil posttestpada kelas eksperimen sebesar 86,11%, dan kelas kontrol sebesar 52,78%. Pada uji regresi didapat korelasi positif antara keaktifan dan hasil belajar. Selanjutnya untuk pengujian hipotesis penelitian didapatkan hasil bahwa rata-rata kemampuan literasi matematika siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol.. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Siswa (LKS) kontekstual dalam pembelajaran kooperatif tipe peer tutoringlebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional ditinjau dari kemampuan literasi matematika siswa SMP.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

imajiner

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu di ranah matematika dan pendidikan. Lingkup dari fokus utama tersebut meliputi pendidikan dan terapan. ...