Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 2, No 2 (2020): Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Pengembangan E-Learning Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VII

Sari, Indah Purnama (Unknown)
Supandi, Supandi (Unknown)
Ariyanto, Lilik (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses mengembangkan E-Learning dengan model PBL yang valid dan mengetahui efektivitas penggunaan E-Learning dengan model PBL dalam pembelajaran matematika materi penyajian data terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Mlonggo Jepara. Hasil dari validasi ahli materi dan tanggapan siswa berkriteria sangat baik, yaitu untuk ahli media 93,4% dan tanggapan siswa 85,8%. Sedangkan ahli materi berkriteria baik, yaitu 73,74%. Hasil N-gain kelas eksperimen pada kategori tinggi yaitu 0,71 sedangkan kelas kontrol pada kategori sedang yaitu 0,6. Secara klasikal kelas eksperimen dan kontrol termasuk tuntas dengan presentase ketuntasan kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol mencapai 87,1% dan respon siswa terhadap pembelajaran positif. Berdasarkan uji T satu pihak diperoleh bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol dengan rata-rata 74,52 dan 67,5.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

imajiner

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu di ranah matematika dan pendidikan. Lingkup dari fokus utama tersebut meliputi pendidikan dan terapan. ...