Educatif: Journal of Education Research
Vol 2 No 1 (2020): January

Pengaruh Metode Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII A Pada Materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar SMP Negeri 8 Kota Bima

Sriaryaningsyih (STKIP Bima)



Article Info

Publish Date
16 May 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adala untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dilakukannya metode jigsaw kelas VII di SMP Negeri 8 kota bima dan mengetahui pengaruh metode jigsaw terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII di. SMP Negeri 8 kota bima.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuasi eksperimen (quasi experimental). Berdasarkan analisis data dan pembahasan hasil penelitian yang telah diuraikan pada bab IV, maka peneliti dapat memberikan kesimpulan bahwa: ada pengaruh signifikan pada metode jigsaw terhadap hasil belajar siswa kelas VII terkait materi operasi hitung bentuk aljabar di SMPN 8 kota bima. Hal ini sesuai dengan pengujian hipotesis menggunakan uji t pada taraf 5% untuk hasil belajar dengan menggunakan metode jigsaw dengan nilai thitung = 4,478 > ttabel = 1,66426, dengan taraf signifikasi = 0,001 < 0,05 yang mempunyai arti Ho ditolak dan Ha diterima

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

educatif

Publisher

Subject

Education

Description

Educatif is a scientific journal that publishes research articles, case studies, and reviews in education. Educatif is concerned with innovation, creativity, and novelty. Educatif published by PT. Kreasi Teknologi Informatif (KREATIF). Educative published every 3 months ( January, April, July, & ...