Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin
Vol 2 No 1 (2019): Volume 2 No 1 Tahun 2019 (On Proses)

RESPON SISWA TERHADAP BAHAN AJAR QAWAID BAHASA ARAB BERBASIS MIND MAP

Rina Dian Rahmawati (Unknown)
Amrini Shofiyani (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab terhadap Bahan Ajar Qawaid berbasis Mind Map. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan ( R&D ) dengan model Borg and Gall. Subjek penelitian ini melibatkan siswa kelas VIII SMP Unggulan Mojoagung. Produk di uji cobakan ke siswa melalui tiga tahap, yaitu 5 siswa pada uji coba perorangan, 10 siswa pada uji coba kelompok kecil, dan 35 siswa pada uji coba lapangan. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data dari uji ahli materi, uji ahli Media dan respon siswa. Untuk validasi media pembelajaran dan respon siswa diperoleh dengan menggunakan metode angket. untuk prosentase nilai validasi yaitu sebanyak 86,67 untuk ahli media, dan 85 untuk ahli desain. Sedangkan perhitungan dari respon siswa mendapat prosentase sebanyak 84,4 Dengan kategori sangat baik. sehingga bahan ajar ini layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran yaitu pada pembelajaran bahasa arab pada materi qawaid. Kata kunci: Respon Siswa, Bahan Ajar, Qawaid bahasa arab

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

snami

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Decision Sciences, Operations Research & Management Electrical & Electronics Engineering Other

Description

Seminar Nasional Multidisiplin (SNAMI) Universitas KH. A. Wahab Hasbullah adalah seminar rutin yang dilaksanakan untuk menjadi wadah bagi para ilmuan dan akademisi yang bersifat multidisiplin ilmu. Dengan seminar ini diharapkan dapat menghemat sumber daya dan pembiayaan kegiatan, tetapi tetap ...