JPM (Jurnal Pendidikan Modern)
Vol 3 No 1 (2017): Edisi September

Pemanfaatan Index Card Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SDN 4 Barenglor dalam Pembelajaran IPS

Nela Rofisian (PGSD Universitas Widya Dharma Klaten)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakanIndex Card Match dalam pembelajaran IPS kelas V SDN 4 Barenglor. Penelitian inimerupakan penelitian tindakan kelas dengan model siklus dari Kemmis & Taggart.Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 48 siswa. Teknik pengumpulandata yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes hasil belajar, dokumentasi. Datayang diperoleh disajikan dalam tabel dan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa penerapan Index Card Match dalam pembelajaran IPSdapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SDN 4 Barenglor. Penelitianberlangsung sebanyak dua siklus dan telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa yangsignifikan. Pada Siklus I dilakukan pembelajaran IPS dengan Index Card Match dengannilai rata-rata hasil belajar siswa dari pra siklus sebesar 73,21 dengan persentaseketuntasan belajar hanya sebesar 47,92%. meningkat menjadi 78,1 dengan ketuntasanbelajar siswa mencapai 62.5%. Pada siklus 2 nilai rata-rata hasil belajar siswameningkat menjadi 81,63 dengan ketuntasan belajar siswa mencapai 91.67%.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JPM (Jurnal Pendidikan Modern) is a journal published by the Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Modern Ngawi, Indonesia. JPM (Jurnal Pendidikan Modern) encompasses research articles, original research report, reviews, and ...