JPM (Jurnal Pendidikan Modern)
Vol 5 No 1 (2019): Edisi September

Analisis Pembelajaran Tari Tradisional Penthul Melikan pada Anak Usia 4-6 Tahun

Lilik Dwi Kurniawati (PG PAUD STKIP Modern Ngawi)
Elisa Novie Azizah (PG PAUD STKIP Modern Ngawi)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: perencanaan, pelaksanaan, dan kendala-kendala yang dialami selama proses pembelajaran tari tradisional Penthul Melikan pada anak usia 4-6 tahun di sanggar Penthul Melikan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perencanaan dalam pembelajaran tari tradisional Penthul Melikan di sanggar Penthul Melikan: pelatih menentukan tujuan pembelajaran, alat dan bahan, alokasi waktu, materi, dan langkah-langkah pembelajaran; 2) pelaksanaan terdiri dari: kegiatan pembukaan yaitu pelatih mengkondisikan anak dan menyampaikan materi yang akan dilaksanakan serta mengingat materi yang telah dilaksanakan sebelumnya, kegiatan inti yaitu anak memperhatikan rekaman video tari tradisional Penthul Melikan, pelatih memberikan contoh gerakan tari lalu diikuti oleh anak, dan menjelaskan makna gerakan tari, kegiatan penutup yaitu pelatih memberikan penguatan dan pesan terkait materi yang telah dilaksanakan; 3) Kendala internal: kurang komunikasi antara pelatih dan anak, kemampan anak yang berbeda, terdapat gerakan yang sulit yaitu gerakan III, eksternal yaitu cuaca dan tidak ada raport untuk hasil belajar anak.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JPM (Jurnal Pendidikan Modern) is a journal published by the Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Modern Ngawi, Indonesia. JPM (Jurnal Pendidikan Modern) encompasses research articles, original research report, reviews, and ...