JPM (Jurnal Pendidikan Modern)
Vol 5 No 2 (2020): Edisi Januari

Kemudahan Eliminasi Miskonsepsi Ikatan Kimia pada Siswa dengan Efikasi diri yang Berbeda

Septyadi David Eka Aryungga (STKIP Modern Ngawi)
Farida Hannum (STKIP Modern Ngawi)



Article Info

Publish Date
05 Feb 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui sebaran efikasi diri siswa dan (2) mengetahui kemudahan eliminasi miskonsepsi pada siswa dengan efikasi yang berbeda. Rancangan penelitian ini adalah deskriptif. Subjek penelitian adalah kelas X Sains 1 dan X Sains 4 SMA Trensains Tebuireng Jombang yang berjumah 44 siswa. Data penelitian adalah sebaran tingkat efikasi diri siswa, eliminasi miskonsepsi pada efikasi diri yang berbeda, dan Eliminasi Miskonsepsi pada Efikasi Diri yang Berbeda pada Masing-Masing Miskonsepsi. Identifikasi miskonsepsi siswa menggunakan Three-Tier Diagnostic Test Ikatan Kimia (TDTIK). Tingkat efikasi diri siswa diukur menggunakan SELP. SELP sendiri merupakan bagian dari Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ) yang dikembangkan oleh Pintrich, dkk. (1991). Data penelitian yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Kemudahan eliminasi miskonsepsi diidentifikasi berdasarkan penurunan jumlah miskonsepsi yang terjadi. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: pertama, sebaran tingkat efikasi diri siswa kelas X SMA adalah 25,0% siswa di tingkat rendah, 50,0% siswa di tingkat sedang , dan 25,0% siswa di tingkat tinggi; kedua, eliminasi miskonsepsi lebih mudah dilakukan pada siswa yang telah mencapai tingkat operasi formal dibandingkan siswa dengan tingkat konkret

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JPM (Jurnal Pendidikan Modern) is a journal published by the Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Modern Ngawi, Indonesia. JPM (Jurnal Pendidikan Modern) encompasses research articles, original research report, reviews, and ...