JPM (Jurnal Pendidikan Modern)
Vol 5 No 2 (2020): Edisi Januari

Penggunaan Alat Bantu Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pointing Petanque Pada Peserta Didik Kelas V SDN Teguhan 1 Ngawi

Ardi Widyastomo (STKIP Modern Ngawi)
Salman Al Faresi (STKIP Modern Ngawi)



Article Info

Publish Date
07 Feb 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar Pointing Petanque peserta didik kelas V SDN Teguhan 1 Ngawi Tahun Ajaran 2019. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan menggunakan 1 siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Teguhan 1 Ngawi Tahun Ajaran 2019 berjumlah 44 peserta didik. Sumber data adalah peserta didik, guru beserta peneliti. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi dan tes. Validitas data dengan menggunaka teknik triangulasi data. Teknik analisis data menggunakan teknik kualitatif dengan menggunakan teknik presentase dalam proses pembelajaran. Dalam siklus 1 terjadi kecapaian yang bagus untuk penelitian tindakan kelas ini. Hasil penelitian menunjukkan dari kondisi awal ke siklus I supaya terjadi ketuntasan yang baik. Ketercapaian ketuntasan hasil belajar passing bawah siklus I sebesar 48,48% atau 16 dari 33 peserta didik. Kesimpulan penelitian ini mengacu dengan alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar Pointing Petanque peserta didik kelas V SDN Teguhan 1 Ngawi Tahun Ajaran 2019.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JPM (Jurnal Pendidikan Modern) is a journal published by the Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Modern Ngawi, Indonesia. JPM (Jurnal Pendidikan Modern) encompasses research articles, original research report, reviews, and ...