Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Kembang Tanjong selama tiga bulan sejak bulan Februari sampai April 2019 bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI-MIA2 pokok bahasan dinamika peran Indonesia dalam perdamaian dunia melalui penerapan metode problem solving pada SMA Negeri 1 Kembang Tanjong. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa-siswiKelas XI-MIA2 SMA Negeri 1 kembang Tanjong tahu pelajaran 2018/2019 sebanyak 21 orang. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dengan membandingkan kondisi awal dengan hasil-hasil yang dicapai pada setiap siklus, dan analisis deskriptif kualitatif hasil observasi dengan membandingkan hasil observasi dan refleksi pada siklus I dan siklus II. Persentase ketuntasan yang diperoleh pada siklus I sebesar 61,9% dengan nilai rata-rata kelas sebesar 68,6 dan meningkat pada siklus II menjadi 90,5% dengan nilai rata-rata kelas 78,1. Pada kedua siklus ini terjadi perubahan aktivitas dan perolehan nilai yang signifikan bila dibandingkan dengan pra siklus dengan ketuntasa belajar yang hanya mencapai 42,9% dan nilai rata-rata adalah 61,4. Dengan demikian, melalui penerapan metode problem solving dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI-MIA2 pada pokok bahasan dinamika peran Indonesia dalam perdamaian dunia pada SMA Negeri 1 Kembang Tanjong Kata Kunci : Prestasi Belajar, Metode Problem Solving, Dinamika Peran Indonesia dalam Perdamaian Dunia
Copyrights © 2020