Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan
Vol 3 No 1 (2020): Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan, Universitas Negeri Pad

Gerakan Sosial Perempuan dalam Penolakan Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Geothermal di Nagari Batu Bajangjang Kecamatan Lembang Jaya Kabupaten Solok

Suhai Ratu Rahmi (Universitas Negeri Padang)
Eka Vidya Putra (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
21 Jan 2020

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi munculnya aktor penggerak perempuan dalam aksi penolakan pembangunan pembangkit listrik tenaga geothermal. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui alasan perempuan melanjutkan aksi penolakan. Teori yang digunakan contentious politics oleh Dough McAdam, Sydney Tarrow dan Charles Tilly. Metode penelitian yang digunakan kualitatif dengan tipe studi kasus jenis intrinsik dan pemilihan informan dengan teknik purposive sampling sebanyak 11 informan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi serta menggunakan triangulasi pengamat dari Neuman. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data dari Miles dan Huberman (reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa alasan perempuan melakukan aksi penolakan disebabkan oleh beberapa aspek yang mempengaruhi. Aspek tersebut, yaitu (1) Awal munculnya aksi penolakan (2) Perempuan sebagai aktor penggerak dalam aksi penolakan pembangunan geothermal: a) Mengurangi kekerasan, b) Hubungan kekerabatan, c) Tokoh kharismatik, d) Dukungan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Padang, e) Dukungan Masyarakat.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

perspektif

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan aims to facilitate interaction, discussion and updating of ideas from Students of Education, Sociology and Anthropology in Indonesia. Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan contains empirical research in the fields of ...