Model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw. Ketertarikan peneliti mengambil model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, karena peneliti melihat dalam model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw semua anggota kelompok diberi tugas dan tanggungjawab, baik individu maupun kelompok Dari hasil pengamatan peneliti tentang aktivitas belajar siswa di kelas VIII-E, MTs Negeri Purwosari Rowokele Kebumen, ternyata model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Ini dapat peneliti lihat dari beberapa hal sebagai berikut: siswa dapat mengikuti proses pembelajaran lebih bergairah dan bersemangat, timbulnya keberanian siswa dalam menyampaikan ide atau pikiran, tumbuhnya rasa percaya diri siswa dalam mengemukakan pendapatnya, meningkatnya rasa tanggungjawab siswa dalam mengikuti pembelajaran, sangat kurang sekali siswa yang berkeliaran dan maupun mengganggu teman. Dengan demikian model pembelajaran kooparatif Jigsaw sangat cocok diterapkan dalam proses pembelajaran PKn di MTs Negeri Purwosari Rowokele Kebumen. Kata Kunci: model pembelajaran, PKn, Kooperatif tipe Jigsaw
Copyrights © 2020