Jurnal el-hamra (Kependidikan dan Kemasyarakatan)
Vol. 5 No. 1 (2020): Jurnal el-Hamra

UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW SISWA KELAS VIII E MTSN PURWOSARI ROWOKELE SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Purwati, Titi (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Apr 2020

Abstract

Model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw. Ketertarikan peneliti mengambil model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, karena peneliti melihat dalam model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw semua anggota kelompok diberi tugas dan tanggungjawab, baik individu maupun kelompok Dari hasil pengamatan peneliti tentang aktivitas belajar siswa di kelas VIII-E, MTs Negeri Purwosari Rowokele Kebumen, ternyata model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Ini dapat peneliti lihat dari beberapa hal sebagai berikut: siswa dapat mengikuti proses pembelajaran lebih bergairah dan bersemangat, timbulnya keberanian siswa dalam menyampaikan ide atau pikiran, tumbuhnya rasa percaya diri siswa dalam mengemukakan pendapatnya, meningkatnya rasa tanggungjawab siswa dalam mengikuti pembelajaran, sangat kurang sekali siswa yang berkeliaran dan maupun mengganggu teman. Dengan demikian model pembelajaran kooparatif Jigsaw sangat cocok diterapkan dalam proses pembelajaran PKn di MTs Negeri Purwosari Rowokele Kebumen. Kata Kunci: model pembelajaran, PKn, Kooperatif tipe Jigsaw

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

el

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

El-Hamra adalah sebuah jurnal pendidikan dan kemasyarakatan untuk para pendidik, mahasiswa, dan peneliti, yang ingin menuangkan hasil karya ilmiahnya baik berupa artikel,terjemahan, review, atau hasil penelitian. ...