Berdasarkan hasil penelitian yang dicapai dalam Penelitian Tindakan Kelas ini dapat diimplikasikan bahwa teknik pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dengan Media Kartu Soal dan Jawaban (Tual Ban) dapat digunakan untuk meningkatkan kompetensi kemampuan menjawab pertanyaan dan prestasi belajar peserta didik khususnya pada siswa kelas VIIB Semester 1 MTsN 4 Kebumen. kemampuan menjawab pertanyaan Dilihat dari pra siklus dengan rata-rata nilai sebesar 6,75 meningkat sebesar 1,16 menjadi 7,91 pada siklus 1, dan meningkat sebesar 0,92 menjadi 8,83 pada siklus 2. Dan peningkatan prestasi belajar siswa, dari pra siklus dengan rata-rata nilai 5,25 meningkat sebesar 1,91 menjadi 7,16 pada siklus 1 dan meningkat sebesar 0,55 menjadi 7,71 pada siklus 2 Kata Kunci: prestasi belajar, Problem Based Learning, Media Tual Ban
Copyrights © 2020