Jurnal el-hamra (Kependidikan dan Kemasyarakatan)
Vol. 5 No. 1 (2020): Jurnal el-Hamra

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENJAWAB PERTANYAAN DAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI MOBEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) BERBANTUAN MEDIA TUAL BAN PADA SISWA KELAS VII B SEMESTER 1 MTSN 4 KEBUMEN KABUPATEN KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Mutmainnah (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Apr 2020

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian yang dicapai dalam Penelitian Tindakan Kelas ini dapat diimplikasikan bahwa teknik pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dengan Media Kartu Soal dan Jawaban (Tual Ban) dapat digunakan untuk meningkatkan kompetensi kemampuan menjawab pertanyaan dan prestasi belajar peserta didik khususnya pada siswa kelas VIIB Semester 1 MTsN 4 Kebumen. kemampuan menjawab pertanyaan Dilihat dari pra siklus dengan rata-rata nilai sebesar 6,75 meningkat sebesar 1,16 menjadi 7,91 pada siklus 1,  dan meningkat sebesar 0,92 menjadi 8,83 pada siklus 2. Dan peningkatan prestasi belajar siswa,  dari pra siklus dengan rata-rata nilai 5,25 meningkat sebesar 1,91 menjadi 7,16 pada siklus 1 dan meningkat  sebesar 0,55 menjadi 7,71 pada siklus 2 Kata Kunci: prestasi belajar, Problem Based Learning, Media Tual Ban

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

el

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

El-Hamra adalah sebuah jurnal pendidikan dan kemasyarakatan untuk para pendidik, mahasiswa, dan peneliti, yang ingin menuangkan hasil karya ilmiahnya baik berupa artikel,terjemahan, review, atau hasil penelitian. ...