INTERAKSI : Jurnal Kependidikan
Vol 13, No 2 (2018): INTERAKSI Jurnal Kependidikan

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA TENTANG MAGNET MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA KELAS V UPTD SDN LOMBANG DAJAH 3 BANGKALAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

H. Mukid (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2018

Abstract

Rendahnya prestasi belajar siswa pada pembelajaran IPA tentang materi Magnet di Kelas V UPTD SDN Lombang Dajah 3 Kecamatan Blega Kabupaten Bangkalan perluuntuk diperbaiki. Guru merancang penelitian tindakan kelas (PTK) yang difokuskanpada model pembelajaran yang tepat dan efektif, yaitu model pembelajaran ProjectBased Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajarIPA tentang magnet melalui model pembelajaran Project Based Learning pada siswakelas V UPTD SDN Lombang Dajah 3 Kecamatan Blega Kabupaten Bangkalan tahunpelajaran 2017/2018. Penelitian tindakan kelas ini dirancang dalam dua sikluspembelajaran. Dalam setiap siklus pembelajaran dilaksanakan dua kali pertemuan.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa, yaitu siklus Isiswa yang mencapai ketuntasan belajar sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal(KKM = 65) ada 15 siswa dari 27 siswa atau 55,56% dan yang belum mencapaiketuntasan belajar ada 12 siswa atau 44,44% dengan nilai rata-rata hasil belajar 64,26.Siklus II siswa yang sudah mencapai ketuntasan belajar sesuai dengan KKM ada 25siswa dari 27 siswa atau sudah mencapai 92,59%, sedangkan yang belum mencapaiketuntasan belajar ada 2 siswa atau 7,41% dengan nilai rata-rata hasil evaluasi 82,13.Maka pelaksanaan pembelajaran siklus II menunjukkan keberhasilan dengan adanyapeningkatan yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jurnal_interaksi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Kependidikan Interaksi Diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Madura Pamekasan. ...