Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar padakompetensi dasar atletik kelas X-TGB.1 SMK Negeri 1 Sampang melalui modelpembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT). Penelitian inimenggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian tindakan kelas dengan 3 siklus dansetiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu planning (rencana), action (tindakan),observation (pengamatan), dan reflection (refleksi). Subyek penelitian ini adalah siswakelas X-TGB.1 SMKN 1 Sampang yang berjumlah 37 orang. Hasil penelitian inimenunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT mempunyaipengaruh positif terhadap minat dan prestasi belajar siswa dalam memahamikompetensi dasar atletik, prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I(30%) dan siklus III (84%), aktivitas belajar siswa meningkat dari siklus I sebesar 59%menjadi 81% (siklus II) dan 90% (siklus III); dan prestasi belajar kompetensi dasaratletik siswa meningkat dari rata-rata sebesar 66% menjadi 70% (pengetahun), 68%menjadi 73% (keterampilan) pada siklus II dan 80% (pengetahun), 90% (keterampilan)pada siklus III, dengan prosentase ketuntasan belajar klasikal 30% (siklus I) menjadi43% (siklus II) menjadi 84%(siklus III), dan hasil angket minat siswa di dapat skor1.454 mendekati 1.480, menurut skala likert masuk kategori tinggi. Penelitian inimenyimpulkan bahwa implementasi pembelajaran kooperatif tipe TGT dapatmeningkatkan minat dan prestasi belajar pada kompetensi dasar atletik siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018