INTERAKSI : Jurnal Kependidikan
Vol 14, No 2 (2019): INTERAKSI Jurnal Kependidikan

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL LEARNING TOGETHER DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PPKn SISWA KELAS V SDN BATES 3 KECAMATAN BLEGA KABUPATEN BANGKALAN

Sugeng, Santoso (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2019

Abstract

Model LT (Learning Together) adalah Para siswa dikelompokkan ke dalam tim dengan empat sampai lima orang per tim dan heterogen kemampuannya. Parasiswa bekerja sebagai suatu kelompok untuk menyelesaikan sebuah produkkelompok, berbagai gagasan, dan membantu satu sama lain dengan jawaban,dan meminta bantuan dari teman yang lain sebelum bertanya kepada guru, dansi guru memberikan penghargaan kepada kelompok berdasarkan kinerjakelompok. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research)sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari 4 tahap, yaitu: rancangan,kegiatan dan pengamatan, refleksi dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswakelas V SDN Bates 3, Kecamatan Blega, Kabupaten Bangkalan, Tahun2018/2019. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasikegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajarsiswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I(67,44%), siklus II (79,01%), siklus III (90,70%). Metode pembelajarankooperatif dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dam motivasi belajarsiswa kelas V SDN Bates 3, Kecamatan Blega, Kabupaten Bangkalan, Tahun2018/2019, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satualternatif pembelajaran PPKn.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jurnal_interaksi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Kependidikan Interaksi Diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Madura Pamekasan. ...