Selama ini siswa kelas VI masih kurang aktif dalam hal bertanya dan menjawab. Hasil yang dicapai siswa kelas VI  SDN Alasrajah 1 sangat jauh dari memuaskan, dimana hanya mendapat daya serap kurang dari  berdasarkan analisis situasi/latar belakang di atas maka penulis berkeinginan untuk memperbaiki/mengadakan inovasi pembelajaran. Pembelajaran  PKn sebenarnya mempunyai peran yang sangat penting. Mata pelajaran PKn diharapkan akan mampu membentuk siswa yang ideal memiliki mental yang kuat, sehingga dapat mengatasi permasalahan yang akan   dihadapi.          Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan meningkatkan hasil belajar PKn siswa dengan menggunakan pembelajaran Kooperatif Learning. Penelitian dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Alasrajah 1 Kecamatan Blega Kabupaten Bangkalan dengan subjek pelaku tindakan 1 guru dan subjek penerima tindakan adalah 43 siswa kelas VI.         Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 3 siklus, setiap siklus menggunakan prosedur tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi.          Hasil evaluasi membuktikan, setelah dilakukan tindakan siklus pertama hasil belajar siswa baru mencapai 52%,sedangkan siklus yang kedua mencapai 76 % dan pada siklius ke tiga mencapai 100 % sedangkan prosentase keaktifan siswa pada siklus pertama 51.11% ,siklus kedua 68.44 % dan siklus ketiga 88.44%.               Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunanan pendekatan Kooperatif Learning dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa materi ajar ASEAN di Alasrajah 1 Kecamatan Blega Kabupaten Bangkalan
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019