Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika
Vol. 2 No. 1 (2020)

Analisis Proses Pembelajaran Matematika pada Anak Tunagrahita di SMP Negeri 15 Yogyakarta

Haya Okta Fikriya (Prodi Pendidikan Matematika, UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta)
Mazza Safana (Prodi Pendidikan Matematika, UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta)
Nurul Izzah Adi Ningsih (Prodi Pendidikan Matematika, UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
29 Feb 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran matematika di kelas inklusif yang meliputi kesiapan guru sebelum pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi dan tindak lanjut serta keterlibatan Guru Pendamping Khusus GPK dalam proses pembelajaran di SMP Negeri 15 Yogyakarta dalam memperoleh keberhasilan belajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pemilihan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Model analisis datanya adalah model interaktif dari Miles dan Huberman dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah 1) tidak ada perbedaan dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran namun guru tetap memperhatikan karakteristik siswa tunagrahita, 2) pada pelaksanaan pembelajaran guru melakukan pengkondisian dengan mempersiapkan siswa secara fisik dan psikis, serta memberikan perhatian lebih khususnya siswa tunagrahita, dan 3) evaluasi dilakukan secara tertulis atau lisan ketika satu materi bahasan selesai, serta hasil evaluasi digunakan sebagai acuan tindak lanjut yang di bimbingan khusus oleh GPK.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

JPPM (Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika) editorial board members are from previously teacher-college universities. Review process for this journal applies double blind peer review. The articles sent to the Journal are always reviewed by two reviewers. The decision of the article ...