Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika melalui model Missouri Mathematics Project (MMP) pada siswa kelas XI MIA SMA Negeri Matakali. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri dari 31 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan uji-t one sample test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengujian hipotesis diperoleh nilai sig.(2-tailed) = 0,000 < = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat dismpulkan bahwa pembelajaran matematika melalui model Mssouri Mathematics Project (MMP) efektif pada siswa kelas XI MIA SMA Negeri Matakali. Dengan demikian, terjadi peningkatan yang signifikan setelah diberikan pembelajaran melalui model Missouri Mathematic Project (MMP) pada siswa kelas XI MIA SMA Negeri Matakali.Kata kunci: efektivitas, pre-eksperimen hasil belajar, Missouri Mathematics Project (MMP)
Copyrights © 2020