Jurnal Ilmu Manajemen METHONOMIX
Jurnal Ilmu Manajemen METHONOMIX Vol. 2 No. 2 (2019)

PENGARUH PENDIDIKAN, PELATIHAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI SD DAN SMP SWASTA BUDI MURNI 3 MEDAN

Sofia Sebayang (Universitas Methodist Indonesia)
Tiur Rajagukguk (Universitas Methodist Indonesia)



Article Info

Publish Date
16 Sep 2019

Abstract

Kinerja guru merupakan hasil kerja yang dicapai oleh seorang guru dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya. Akan tetapi berdasarkan fakta di lapangan, kinerja guru masih belum optimal. Tujuan penelitian untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pendidikan, pelatihan dan motivasi kerja terhadap kinerja guru di SD dan SMP Swasta Budi Murni 3 Medan baik secara simultan maupun parsial. Penelitian ini merupakan penelitian dengan populasi berjumlah 44 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah survey menggunakan kuesioner sebagai instrumen. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara simultan tingkat pendidikan (X1), pelatihan (X2), dan motivasi kerja (X3) secara bersama-sama memberikan pengaruh signifikan terhadap kinerja guru (Y). Kemudian analisis koefisien determinasi variabel tingkat pendidikan  (X1) pelatihan (X2) dan motivasi (X3) memberikan pengaruh sebesar 53,4% terhadap variabel kinerja guru (Y), sedangkan 46,6% sisanya dijelaskan oleh faktor-faktor lain di luar model.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jm

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Ilmu Manajemen METHONOMIX merupakan jurnal ilmiah yang dikelola oleh Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Methodist Indonesia. Jurnal METHONOMIX terbit dua kali setahun pada bulan Maret dan September. Jurnal METHONOMIX menampung jurnal ilmiah baik penelitian empiris dan ...