Lori inspeksi jalan rel merupakan re-desain dari lori kereta api yang sudah pernah dibuat di lingkungan Politeknik Perkeretaapian Indonesia. Perbaikan lori inspeksi dilakukan pada roda, chassis, penggerak, dan bodi. Roda lori terbuat dari besi structural untuk mengurangi berat total dari 148 kg menjadi 119 kg. Ukuran  conus roda dengan ukuran selisih diameter luar dan dalam 30 mm untuk meminimalkan gesekan roda dengan rel pada daerah lengkungan. Chassis menggunakan model ledder frame dengan kekuatan 44,29 Mpa dan defleksi 0,095 Mpa untuk mendapatkan hasil yang optimal dan handal pada track 1067. Material chassis menggunakan besi hollow jenis galvanis dengan berat hanya  125 kg. Penggerak sebelumnya motor bakar menjadi motor listrik BLDC (brushless direct current) dengan kapasitas daya 2680 watt, arus 35A dan kecepatan putar 4250 Rpm yang ramah lingkungan. Bodi lori terbuat dari fibre reinforced polymers of plastics (FRP) 3 lapisan menggunakan metode hand lay-up yang memiliki nilai tegangan tarik sebesar 40,18 MPa dan nilai regangan sebesar 0.89 %. Bodi lori inspeksi  menitik beratkan aspek estetika dan ergonomi berupa penampilan yang lebih menarik, nyaman dikendarai, dan aman sehingga memiliki nilai jual yang tinggi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020