Jurnal Untuk Masyarakat Sehat (JUKMAS)
Vol 4, No 1 (2020): Jurnal Untuk Masyarakat Sehat (JUKMAS)

Hubungan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Medichal Check Up Di Klinik Medika Plaza Kecamatan Pasar Minggu Jakarta Selatan Tahun 2019

Robo Marliana Rahayu (Universitas Respati Indonesia)
Sri Siswani (Universitas Respati Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2020

Abstract

Kualitas pelayanan merupakan bentuk penilaian konsumen terhadap tingkat pelayanan yang diterima (Perceived Cervice) dengan tingkat pelayanan yang diharapkan (expected cervice). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran hubungan kualitas  pelayanan aspek responsiveness terhadap loyalitas pelanggan  MCU di klinik Medika Plaza kecamatan Pasar minggu Jakarta Selatan tahun 2019. Penelitian ini merupakan penelitian survey analitik dengan rancangan potong lintang (cross sectional). Penelitian dilakukan di Klinik Medika Plaza Pasar Minggu pada  bulan juni – Juli 2019. Pengambilan sampel penelitian ini didapatkan dengan menggunakan metode total sampling , dimana seluruh pasien MCU menjadi sampel penelitian sebanyak 88 orang responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa antara proporsi jumlah pasien yang loyal dan tidak loyal tidak terlalu besar, dimana pasien yang berpotensi loyal dengan pelayanan MCU di klinik medika plaza sebanyak 48 orang  (54,5%) dan yang tidak loyal sebanyak 40 orang (45,5%). Responsiveness berdasarkan aspek waktu tunggu, kemudahan layanan registrasi, keramahan, kemudahan informasi dan kenyamanan diperoleh p-value 0.001 dimana p value ≤ ɑ (0,05), yang artinya ada hubungan yang signifikan antara variabel tersebut terhadap loyalitas pasien medical check up.Kata Kunci             : Kualitas Pelayanan, Loyalitas, Kepuasan Pasien

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jukmas

Publisher

Subject

Health Professions Nursing Public Health

Description

JUKMAS: Journal of Public Health is a scientific journal that presents research results, case reports, scientific papers or critical analytic studies in the field of health and articles in the form of reviews. The Focus and Scope of the Journal, covers: Health Policy and Management, Nutrition, Care, ...