Jurnal Serunai Pancasila dan Kewarganegaraan
Vol 9, No 1 (2020): JURNAL SERUNAI PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (MARET 2020)

UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTIONS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 BINJAI

Ryo Malau (STKIP Budidaya Binjai)
Dedi Hermawan S (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2020

Abstract

Peran guru PKn sangat urgen dalam memilih model pembelajaran guna meningkatkan kualitas aktivitas belajar siswa, guna meningkatkan hasil belajar siswa terutama dalam bidang studi PKn di SMP Negeri 8 Binjai. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan menginovasi pola pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran seperti model pembelajaran Problem Based Instructions. Untuk itu perlu dilakukan penelitian dengan rumusan masalah Apakah melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Instructions dapat meningkatkan aktivitas  belajar PKn siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Binjai. Tujuannya adalah Untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar PKn melalui Problem Based Instructions siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Binjai.PTK sebagai metode dalam penelitian ini adalah merupakan penelitian yang berbasiskan masalah di kelas karenanya peneliti menetapkan subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1SMP Negeri 8 Binjai yang berjumlah 30 orang., karena berdasarkan studi awal peneliti ke sekolah di dapat data bahwa nilai rata-rata di kelas tersebut masih rendah sehingga perlu ditingkatkan, disamping itu siswa juga dalam belajar kurang termotivasi karena proses pembelajaran yang dilakukan selama ini hanya menggunakan metode konvensional sehinggga kualitas pembelajaran masih rendah. Data yang diolah dalam penelitian ini di dapat dari hasil tes siswa dengan menggunakan soal pilihan ganda disamping hasil wawancara dengan siswa tentang metode yang digunakan dan observasi terhadap proses pembelajaran yang dilakukan.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kualitas pembelajaran PKn dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Instructions. Hal ini ditunjukkan dari hasil test siswa yang pada awal pembelajaran diperoleh rata-rata 62,9 dengan tingkat ketuntasan kelasikal sebesar 20% kemudian meningkat pada pelaksanaan tindakan siklus I sebesar 68,4 dengan ketuntasan klasikal sebesar 40% dan pada akhirnya setelah dilakuka refleksi untuk melihat kelemahan pada siklus I dilanjutkan dengan melaksanakan tindakan siklus II dengan hasil yang diperoleh semakin meningkat yaitu sebesar 80,03 dengan tingkat ketuntasan klasikal sebesar 93%.Dari olahan data tersebut disimpulkan bahwa telah terjadi peningkatan kualitas pembelajaran PKn melalui model pembelajaran Problem Based Instructions pada siswa kelas VIII-3SMP Negeri 8 Binjai.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jg

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

jurnal serunai pancasila dan kewarganegaraan merupakan media informasi yang diterbitkan secara berkala dua kali dalam satu tabun yakni bulan februari dan agustus. Penerbitan jurnal ini sebafagai sarana untuk menampung arikel-artikel ilmiah berasal dari penelitian, kajian-kajian atau makalah ilmiah ...