Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol. 6 No. 1 (2020): June

PENGGUNAAN ALAT PERAGA BERUPA KERTAS LIPAT UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI BENTUK BILANGAN PECAHAN

Ahdin (SDN Cimeong Majalengka, Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2020

Abstract

Kenyataan menunjukkan bahwa pembelajaran matematika SD hanya untuk tujuan yang sesuai dengan kurikulum, guru cenderung menggunakan tehnik pembelajaran yang monoton sehingga membuat siswa kurang menyenangi pelajaran matematika dan akibatnya hasil belajar menjadi rendah. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran matematika dengan materi pecahan dengan menggunakan alat peraga kertas lipat pada siswa kelas IV SDN Cimeong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi, tes dan demonstrasi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah deskriptif, kualitatif dan kuantitatif. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas siswa, aktivitas guru dan tes individu. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil observasi dan hasil tes diperoleh kesimpulan bahwa pemahaman siswa pada materi pecahan mengalami peningkatan dengan menggunakan alat peraga kertas lipat, dapat menciptakan pembelajaran yang aktif dan merangsang siswa untuk berdiskusi, mengeluarkan pendapat, memotivasi siswa untuk meningkatkan hasil belajar serta dapat meningkatkan keakraban siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

educatio

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Education curriculum, instruction, learning, policy, preparation of teachers, Learning Media, Development Subject of Education, and Management of ...