Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol. 6 No. 1 (2020): June

UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PENERAPAN MODEL KANCING GEMERINCING

Solehudin (SDN Cingambul III Majalengka)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep siswa pada pembelajaran IPS materi kenampakan alam dan keragaman sosial budaya di kelas IV SDN Cingambul III. Salah satu solusi yang dianggap tepat dalam meningkatkan pemahaman konsep adalah Model Kancing Gemerincing. Atas dasar itu, penelitian ini bertujuan menerapkan model Kancing Gemerincing untuk meningkatkan pemahaman konsep. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Sebjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Cingambul III. Hasil penelitian menunjukkan hasil tes pemahaman konsep siswa di setiap siklus mengalami peningkatan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa melalui model kancing gemerincing dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran IPS materi kenampakan alam dan ragam sosial budaya di SDN Cingambul III Kecamatan Cingambul Kabupaten Majalengka.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

educatio

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Education curriculum, instruction, learning, policy, preparation of teachers, Learning Media, Development Subject of Education, and Management of ...