Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol. 6 No. 1 (2020): June

TEKNIK KOOPERATIF TERPADU MEMBACA DAN MENULIS PADA MATERI MENULIS SURAT DI KELAS VI SDN 1 KRANDON

Asti (SDN 1 Kerandon Cirebon)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini diawalai dengan masalah yang dihadapi guru yaitu masih kurangnya kemampuan siswa dalam memahami materi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas VI SDN 1 Kerandon dalam memahami mata pelajaran Bahasa Indonesia pada materi “Teknologi” dengan pokok bahasan “Menulis Surat” melalui penerapan Teknik Kooperatif Terpadu Membaca dan Menulis, sehingga pembelajaran Bahasa Indonesia menjadi lebih menyenangkan dan menimbulkan kreatifitas. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dilaksanakan pada kelas VI SD Negeri 1 Kerandon Kabupaten Cirebon. Kegiatan dilakukan sebanyak dua siklus tindakan. Hasil penelitian menunjukkan penerapan Teknik Kooperatif Terpadu Membaca dan Menulis dapat Meningkatkan Pemahaman siswa dalam belajar Bahasa Indonesia “Menulis Surat” di Kelas VI SD Negeri 1 Kerandon Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

educatio

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Education curriculum, instruction, learning, policy, preparation of teachers, Learning Media, Development Subject of Education, and Management of ...