CIVITAS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN ILMU CIVIC)
Vol 6, No 1 (2020)

PENGARUH REWARD TERHADAP KINERJA DOSEN PERGURUAN TINGGI SWASTA LABUHAN BATU

Sakinah Ubudiyah Siregar (Universitas Labuhanbatu)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2020

Abstract

Abstrak — Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: Reward berpengaruh langsung terhadap kinerja dosen Perguruan Tinggi Swasta Labuhan Batu. Subjek penelitian adalah dosen Perguruan Tinggi Swasta Labuhan Batu dengan jumlah sampel sebanyak 125 orang, yang diambil dengan cara rumus random sampling menggunakan rumus Slovin, dan data dianalisis dengan menggunakan analisis jalur setelah dihitung korelasi seluruh variabel penelitian dalam bentuk matriks. Hasil temuan penelitian diperoleh reward berpengaruh langsung positif terhadap kinerja dosen Perguruan Tinggi Swasta Labuhan Batu secara langsung sebesar 19,87 % dan sisanya ditentukan keadaan lain. Kesimpulan dari penelitian ini reward berpengaruh langsung terhadap kinerja dosen Perguruan Tinggi Swasta Labuhan Batu. Dengan perkataan lain, semakin baik reward semakin tinggi kinerja dosen Perguruan Tinggi Swasta Labuhan Batu. Implikasi dari teori ini, kinerja dosen adalah membahas tentang hasil dari prilaku/ kerja dosen yang memberikan kontribusi terhadap mahasiswa secara pribadi dan organisasi dalam melaksanakan tridharma perguruan tinggi. Ada faktor yang mempengaruhi kinerja seseorang dalam bekerja. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis kelima diperoleh koefisien jalur yang signifikan antara pemberian penghargaan (reward) dengan kinerja dosen, yaitu:  ρ62 = 0,193, pengaruh langsung reward dengan kinerja dosen sebesar 0,1932 =0,037. Dengan demikian, reward yang secara langsung menentukan perubahan- perubahan kinerja dosen adalah sebesar 3,7 %. Kata Kunci: Reward, Kinerja Dosen, Perguruan Tinggi

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

civic

Publisher

Subject

Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

CIVITAS : Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Civic terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Maret dan September, berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para pakar, ilmuwan, praktisi, pengkaji, dosen dan mahaiswa dalam disiplin ilmu kependidikan dan pembelajaran serta ...