Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, dan Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 17, No 1 (2020)

PENGARUH PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS EKSPERIMEN TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA ANAK USIA DINI

HAKIM, RISYDA LAMIYA NABILA (Unknown)
Nugraha, Ali (Unknown)
Gustiana, Asep Deni (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2020

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan temuan empirik di taman kanak-kanak (TK) yang menunjukkan masih banyak anak usia dini dikategorikan kurang dalam membangun pengetahuan baru sesuai dengan pengalamannya. Hal ini merupakan salah satu penyebab fenomena rendahnya pengetahuan anak dalam konsep pembelajaran sains. Hal tersebut pula dipengaruhi oleh metode pembelajaran sains berbasis eksperimen yang masih langka dalam pelaksanaannya seperti melakukan sebuah percobaan sederhana. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh keterampilan proses pembelajaran sains terhadap anak-anak usia dini sebelum dan sesudah menggunakan metode pembelajaran sains berbasis eksperimen. Penelitian ini dilakukan kepada anak-anak usia dini kelompok B Taman kanak-kanak Lab UPI Bandung. Pembelajaran berdasarkan pengalaman pada anak diharapkan dapat memudahkan anak untuk mendapakan ilmu pengetahuan yang nyata dan baru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen desain yaitu, Nonequivalent Control Group Design dengan instrumen penelitiannya daftar ceklis. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 18 orang yang terdiri atas 1 kelompok kontrol dan kelompok eksperimen dari 2 kelas TK B. Hasil penelitian menunjukan p 0,05, itu mengartikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap keterampilan proses sains antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Hasil penelitian setelah dilakukan pembelajaran sains berbasis eksperimen dengan skor rata-rata peningkatan kelompok kontrol ialah 71,95%, sedangkan  kelompok eksperimen mencapai 94,70%. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran sains berbasis eksperimen memberikan pengaruh positif terhadap keterampilan proses sains pada anak usia dini.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

edukid

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Edukids bertujuan untuk memfasilitasi penyebaran penelitian tentang isu-isu yang berkaitan dengan pendidikan anak usia dini untuk menyelesaikan masalah dalam pendidikan dan pembelajaran. Jurnal ini berisi artikel penelitian yang diproses melalui blind peer review. Jurnal Edukids menerima ...