EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling
Vol 2 No 1 (2020): EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling

Kontribusi Supervisi Kepala Sekolah pada Peningkatan Kualitas Pembelajaran di SMP 3 Bae Kudus

Lina Handayani (Universitas Muria Kudus)
Sukirman Sukirman (Universitas Muria Kudus)



Article Info

Publish Date
21 May 2020

Abstract

Kepala sekolah mempunyai peran ganda, salah satunya adalah sebagai supervisor untuk melakukan pengawasan. Namun ada kalanya karena tumpang tindih pekerjaan mengakibatkan tugas sebagai supervisor tidak dilakukan dengan maksimal dan kontribusi kepala sekolah dipertanyakan karena adanya tugas yang sama yakni supervisi yang dilakukan oleh pengawas. Adanya fenomena tersebut maka dirumuskan permasalahan bagaimana kontribusi supervisi kepala sekolah dalam hal peningkatan kualitas pembelajaran. Adapun tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisa kontribusi yang dilakukan oleh kepala sekolah khususnya dalam hal supervisi yang telah dilakukan pula oleh pengawas. Metode penelitian yang dilakukan adalah dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan dengan survey pada 39 responden. Hasil penelitian, kepala sekolah memberikan kontribusi yang cukup kuat pada upaya peningkatan kualitas pembelajaran. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai persentase sebesar 59%. Peran kepala sekolah diwujudkan dengan menjalankan fungsi-fungsi supervisi akademis pada sekolah untuk dapat memacu peningkatan Standar Nasional Pendidikan, namun peran tersebut masih disandingkan dengan peran lain sehingga peran sebagai supervisor belum jelas dilaksanakan dengan detail. Kesimpulan pada penelitian ini adalah kepala sekolah berkontribusi pada peningkatan kualitas pembelajaran dan kepala sekolah berhasil menjalankan peran dengan baik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Edupsycouns

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Edupsycouns: Education, Psychology and Counseling, adalah jurnal ilmiah Open Access yang diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling STKIP Muhammadiyah Enrekang bekerja sama dengan Asosiasi Program Studi Bimbingan dan Konseling APSBKPTM, dan Asosiasi Bimbingan dan Konseling ...