Dalam animasi, karakter dan pengaturan lokasi atau lingkungan diperlukan sebagai alat untuk menyampaikan cerita. Desain visual yang baik dapat menarik perhatian penonton. Penelitian ini bertujuan untuk membantu pengembangan karakter dan latar belakang pengaturan dengan visual menarik yang mampu menyampaikan emosi dengan tepat dan menyampaikan pesan moral dari cerita tersebut. Topik yang diangkat adalah tentang kecanduan smartphone. Teknologi mampu membuat pengguna kecanduan. Dampak dari kecanduan ini tidak jarang membahayakan penggunanya. Desain animasi pendek ini menggambarkan bahaya yang mungkin dialami oleh pengguna karena kecanduan sehingga penting untuk menjaga keseimbangan dalam menggunakan teknologi, terutama smartphone. Penulis menggunakan metode kuantitatif dalam penelitian ini. Penelitian dilakukan dengan meninjau gambar referensi, studi literatur, melakukan survei, dan pengamatan. Hasil penelitian ini mengarah pada desain karakter, lokasi, cerita, dan aspek lain yang mendukung desain film animasi pendek.
Copyrights © 2019