Penelitian ini difokuskan pada ?Analisis Buku Teks Kurikulum 2013 sebagai Sumber Belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Syan Kabupaten Melawi?. Tujuan penelitian ini; (1) isi materi buku teks Kurikulum 2013 sebagai sumber belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sayan Kabupaten Melawi (2) manfaat buku teks Kurikulum 2013 sebagai sumber belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sayan Kebupaten Melawi. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpul data yang digunakan teknik komunikasi langsung, teknik observasi tidak langsung, dan teknik dokumenter. Alat pengumpul data yang digunakan yakni, panduan wawancara, panduan observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa; (1) isi materi buku teks Kurikulum 2013 sebagai sumber belajar siswa siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sayan Kabupaten Melawi yaitu kesesuaian materi dengan standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD), kesesuaian materi dengan kurikulum, keakuratan materi, mendorong keingintahuan siswa, subtansi keilmuwan dan life skill, serta pengayaan (2) manfaat buku teks Kurikulum 2013 sebagai sumber belajar siswa kelas VII Negeri 2 Sayan Kabupaten Melawi yakni, sebagai bahan belajar yang serius, sebagai bahan ajar yang mudah, bagi guru buku teks berarti keamanan, pentunjuk dan bantuan dalam proses pembelajaran.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019