Tujuan dari penelitian adalah untuk menemukan tipe-tipe karakter anak yang berhasildalam belajarnya, Orientasi karakter anak yang berhasil dalam belajarnya, Besarnyakonstribusi tipe karakter bagi keberhasilan belajar anak, dan strategi belajar suksesberbasis berkarakter. Metode kajian dilakukan dengan riset pustaka dengan menggunakanpendekatan kajian teoritis. Dari hasil kajian ditemukan empat jenis karakter yakni 1)karakter konflicated; 2) karakter kreatif; 3) karakter otonominatif; 4) karakter efikatif.Dengan tipe sebanyak 12 (dua belas) tipe karakter yakni: tipe sex, tipe emosional, tipemoral, tipe superior, tipe minat sosial, tipe lifestyle, tipebody, tipe ideal, tipe identitas, tiperegulasi, tipe efikasi diri, tipe efikasi sosial. Masing-masing tipe memiliki satu orientasikarakter. Dari orientasi karakter tersebut kemudian akan diukur tingkat kecenderunganmasing-masing pada orientasi belajar dan berapa persen kontribusi tip karakterbagikeberhasilan belajar anak.
Copyrights © 2016