Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan
Vol 4, No 1 (2019)

EFEKTIFITAS PEMANFAATAN MEDIA GAME DOBE FLASH UNTUK MELATIH KEMAMPUAN INTERAKSI SISWA AUTISME

Rayani, Dewi (Unknown)
Utami, Wiwiek Zainar Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2019

Abstract

Abstrak: Autisme merupakan gangguan perkembangan yang ditandai dengan kegagalan dalam interaksi , komunikasi dan perilaku. Anak dengan gangguan ini dikatakan hidup dalam dunianya sendiri. Salah satu penanganan autisme dengan pemberian terapi. Adapun  materi yang ada dalam teripi ini dikemas dalam bentuk game adobe flash. Adapun tujuan penlitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas game adobe flash untuk melihat kemampuan interaksi pada anak autisme. Penelitian ini menggunakan metode ekperimental dengan one group , pretest-posttest desain. Populasi dalam penelitian ini adalah 3orang siswa autisme di SLB Pembina Provinsi NTB. Pengambilan data dalam penelitian ini dengan observasi dengan uji statistic Wilcoxon march pairs tes. Adapun hasil yang didapatkan adalah signifikan hal ini ditunjukkan berdasarkah adanya perbedaan nilai pretes dan posttest dengan taraf signifikansi 5%. Dengan demikian kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan game adobe flash sangat efektif untuk melatih kemampuan interaksi siswa autime. Kata Kunci: Media Game Dobe Flash, Autisme

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

visionary

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

The focus of this journal is research and development in the field of Educational Administration and education management including also about education in general, social humanities, economics, business, psychology, and ...