Persoalan pendidikan selaras dengan tuntutan perkembangan dan menjadi issuyang menarik untuk diperbincangkan dan dikaji. Masalah pendidikan dihadapkan pada empatmasalah besar, yaitu: masalah mutu, pemerataan, motivasi dan keterbatasan sumber daya,serta sumber dana. Berbagai masalah pendidikan ini juga dihadapi oleh lembaga pendidikananak usia dini. Pengelolaan pendidik dan tenaga kependidikan perlu menjadi perhatiankhusus, dikarenakan perannya sebagai fasilitator dan pelayan pendidikan. Pendidik dan tenagakependidikan perlu diberikan ruang lebih untuk mengupayakan pengembanganprofesionalnya. Pembinaan terhadap pendidik dan tenaga kependidikan juga sangatdiperlukan guna menyempurnakan proses penyelenggaraan pendidikan serta menjaga kualitasmutu pendidikan anak usia dini. Akan tetapi, tantangan besar bagi pendidik dan tenagakependidikan PAUD saat ini berasal dari kualifikasi dan juga berasal dari arus gelombangteknologi dan informasi. Dalam kaitannya dengan peningkatan mutu pendidikan, upaya yangperlu dilakukan pendidik dan tenaga kependidikan diorientasikan kepada peningkatankualifikasi dan juga diperlukan adanya pembinaan yang berkelanjutan dari pengawas maupunpemerintah. Harapannya dengan pengelolaan yang baik terhadap pendidik dan tenagakependidikan dapat memacu motivasi kerja guna tercapainya tujuan pendidikan.Kata Kunci: Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Mutu PAUD.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017