Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan
Volume 3 Nomor 1 April 2017

HUBUNGAN IMPLEMENTASI REINFORCEMENT GURU DENGAN PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Ridlo, M Rasyid (Unknown)
Kurdianto, Kurdianto (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2018

Abstract

Reinforcement, motivasi belajar Siswa sangat menunjang sekali di dalamperoses belajar mengajar, dimana imflementasi reinforcement guru kalau di terapkanoleh soorang guru akan mampu menciptakan peroses belajar mengajar yang efektifdan efisien. Karena itu rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ?Apakah AdaHubungan imflementasi reinforcement guru dalam Peningkatan motivasi belajarsiswa di SMPN 3 Praya Timur Tahun Pelajaran 2013/2014. Sedangkan TujuanDalam Penelitian ini adalah ?Untuk mencari Hubungan Antara imflementasireinforcement guru dengan Peningkatan motivasi belajar siswa di SMPN 3 PrayaTimur Tahun Pelajaran 2013/2014?. Penelitian ini menggunakan metode angketsebagai metode pokok, metode dokumentasi sebagai metode pelengkap, yangmenjadi subyek populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru dan siswa kelasVIII di SMPN 3 Praya Timur dengan jumlah guru 30 orang dan siswa menggunakanteknik sampling karena jumlah siswa lebih dari 100, dari hasil penelitian inimenunjukkan imflementasi reinforcement guru ada hungan dengan Peningkatanmotivasi belajar siswa. Karena r tabel pada tarap signipikan 5 % = 0,361. Sedangkanr hitung yaitu 0,474 yang menolak hipotesis nihil (Ho), berarti hipotesis kerja (Ha).Yang berbunyi ?Ada Hubungan imflementasi reinforcement guru denganPeningkatan motivasi belajar siswa di SMPN 3 Praya Timur Tahun Pelajaran2013/2014?. Diterima karena (r hitung >r tabel ) yaitu 0,474>0,361. Sesuai dengananalisis diatas, peneliti menyimpulkan bahwa penelitian ini dinyatakan?Signifikan?dan hubungannya termasuk dalam katagori sedang.Kata Kunci: Reinforcement, Motivasi Belajar

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

visionary

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

The focus of this journal is research and development in the field of Educational Administration and education management including also about education in general, social humanities, economics, business, psychology, and ...