Jurnal Tematik
Vol 6, No 3 (2016): Jurnal Tematik

Pengembangan Penilaian Autentik Aspek Keterampilan

Melissa Citrawaty (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bentuk instrumen penilaian yang layak digunakan dalam melaksanakan penilaian autentik aspek keterampilan di kelas IV SDN 028229 Kota Binjai. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian pengembangan (research and development) yaitu suatu proses penelitian yang dipakai untuk menghasilkan produk berupa instrumen penilaian autentik aspek keterampilan di kelas IV SD dan menguji kelayakannya. Sebagai subjek dalam penelitian ini yaitu guru dan siswa di kelas IV SDN 028229 Kota Binjai, serta ahli validasi sebanyak 3 orang yang memiliki kriteria  sebagai : (a) ahli materi, (b) ahli desain penilaian, dan (c) ahli linguistik/Bahasa Indonesia. Sebagai objek penelitian adalah pengembangan instrumen penilaian autentik aspek keterampilan siswa. Hasil analisis awal terhadap buku guru dan siswa pada kelas IV SD tema 7 Cita-Citaku dengan subtema Aku dan Cita-Citaku, Hebatnya Cita-Citaku dan Giat Meraih Cita-Cita, tidak ditemukan instrumen penilaian keterampilan secara terperinci di setiap sub tema pembelajaran. Berdasarkan perolehan skor validasi dari masing-masing ahli dapat diketahui nilai rata-rata kajian materi sebesar 95,83% dengan kategori sangat baik, desain penilaian dengan nilai rata-rata sebesar 87,5% dengan kategori baik dan kajian kebahasaan dengan nilai rata-rata sebesar 95,83% dengan karegori sangat baik. Hasil uji coba skala kecil dan skala besar yang telah dilaksanakan memperoleh nilai rata-rata sebesar 95,75% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan angket uji kelayakan yang dinilai oleh guru setelah menggunakan instrumen penilaian autentik aspek keterampilan kurikulum 2013 tidak ditemukan kendala dalam menggunakan instrumen tersebut, sehingga instrumen penilaian autentik aspek keterampilan sudah dinyatakan valid dan layak digunakan. Kata kunci : penilaian autentik, aspek keterampilan, instrumen penilaian

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

tematik

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Tematik merupakan media komunikasi para akademisi, guru dan pemerhati dunia pendidikan dalam perspektif kependidikan. Jurnal tematik merupakan hasil penelitian, refleksi dan kajian kritis yang aktual berkenaan dengan tema-tema pendidikan, seperti kebijakan atau regulasi pendidikan, kurikulum, ...